Rabu, 29 April 2009

Kartu Pra-Bayar vs Pasca-Bayar

Beberapa hari yang lalu, aku memutuskan untuk membeli satu nomor baru untuk telepon seluler-ku yang sebetulnya hanya satu (dengan harapan, akan dapat ponsel baru untuk kartu baru ini. Hihi...). Cari punya cari, hasil memilih dengan teliti dari berbagai nomor yang tersedia, pilihanku jatuh pada sebuah nomor yang cukup cantik dan mudah diingat. Sebuah nomor kartu pra-bayar dari penyedia layanan yang cukup terkemuka.
E-eh... tunggu dulu. Kartu pra-bayar? Apa coba, maksudnya? Jika anak-anak pra-sekolah berarti anak-anak yang belum memasuki usia sekolah, pra-jabatan berarti sebelum menjabat sesuatu, prakata berarti sebelum menyampaikan kata-kata utama. Berarti... pra-bayar mengandung arti... sebelum membayar (?), pakai dahulu layanan telepon? Begitukah? Lho??? Kok berbeda dari konsep yang ditawarkan penyedia layanan telepon?
Menurut mereka, pra-bayar berarti konsumen membayar biaya layanan di muka, dengan membeli pulsa baik secara elektronik ataupun fisik (dalam bentuk voucher) dengan jumlah tertentu. Setelah itu konsumen dapat memanfaatkan jasa layanan yang diberikan penyedia layanan telepon tersebut.
Sebaliknya, layanan pasca bayar berarti konsumen dapat menggunakan layanan telepon 'sesukanya' untuk kemudian membayar jasa layanan terakumulasi di akhir bulan. Begitukah?
Sebetulnya, penggunaan kata pra-bayar dan pasca-bayar ini, salah kaprah atau tidak sih...?

3 komentar:

Anonim mengatakan...

istilahnya sudah benar.
pra-bayar = sebelumnya (harus) bayar
pasca-bayar = sesudahnya (baru) bayar

identik dengan pasca-sarjana = sesudah(nya) sarjana.

Diah Utami mengatakan...

Terima kasih atas tanggapannya :)

Anonim mengatakan...

@radenmas hanya org berpikiran sempit yg membenarkan pernyataan tersebut

@diah sebenernya pra(pre) adalah istilah sebelum.. Jadi maksudnya disini adalah sebelum menggunakan jasa, kita harus membayar terlebih dahulu..

Mungkin ingat dengan pelajaran akuntansi. Apa istilah inggris untuk pembayaran diterima dimuka untuk sewa?
pre-paid rent expense bukan?

so, seblom kita gunain sewanya, kita harus bayar bukan.. thats it

Begitu juga sebaliknya.. cmiiw